Senin, 29 April 2013

mengenal area kerja coreldraw


Corel Draw merupakan salah satu program aplikasi desain grafis berbais vektor yang sangat populer, Perkembangan terakhir memperlihatkan adanya peningkatan kemampuan Corel Draw yaitu bisa memadukan gambar berbasis bitmaps dimana kita bisa menyisipkan gambar berbasis bitmap dan dapat mengeditnya.
Untuk menginstall Corel X4 dibutuhkan spek komputer minimum yaitu :
  • OS Windows XP/Vista/Seven
  • Processor Intel® Pentium® 4, AMD Athlon™ 64 or AMD™ Opteron
  • RAM 1Gb (direkomendasikan 2 Gb)
  • 250 Gb Ruang Harddisk kosong
  • 1024 x 768 screen resolution

 Mengenal lebih jauh Area Kerja Corel Draw

Langkah untuk mulai membuka dan bekerja dengan coreldraw yaitu dengan : Klik Start Menu  -> All program -> Corel Draw sehingga akan muncul
 

Sedikit penjelasan
 Dari Kotak Dialog Welcome to Coreldraw draw ini dimaksudkan untuk lebih memberkan pemahaman kepada siapapun yang sedang dan akan menggunakan corel sebagai salah satu aplikasinya. Ketika pertama kali corel di aktifkan, maka akan muncul  sistem kotak dialog berisi selamat datang, dan pada saat bersamaan, maka ada beberapa lembar proses yang bisa di aktifkan yakni:
1.    Whats new
Yang berfungsi memberikan informasi ihwal berbagai fasilitas baru yang disediakan dalam corel X4.
2.    Quick start
Membantu dalam mempermudah persiapan ruang perencanaan grafis ataupun ketika adanya perubahan rancangan grafis yang pernah dilakukan sebelumnya
3.    Gallery
Berfungsi mengunjungi situs yang beragam komuitas pengguna corel draw. Dimana pada isi situs tersebut terdapat banyak sekali beragam rancangan grafis yang memakai perangkat lunak corel draw.
4.    Learning tools
Alat yang digunakan untuk mempermudah penggunaan berbagai perangkat corel draw yang  disediakan.
5.    Update
Aplikasi yang bisa digunakan untuk mengunjungi situs resmi software corel untuk berbagai macam keperluan



  • Title Bar
Merupakan informasi tentang nama file dan aplikasi yang sedang dibuka. di  pojok kanan atas terdapat beberapa tombol Maximize Button yang berfungsi menampilkan CoreDraw satu layar penuh, Minimize button untuk meletakkan program pada Taskbar menu, sedangkan Close button untuk menutup  atau keluar dari program.
  • Menu Bar
Merupakan sekumpulan menu yang terdiri dari File, Edit, Layout, Type, Element, Utilities, View, Window dan Help.yang berfunsgi untuk mengatur dan mengolah objek yang kita kerjakan.

  • Standard Tool Bar
Merupakan sekumpulan Perintah – perintah yang sering digunakan dan juga dapat diakses melalui Standard Tool Bar. Pada Standard Tool Bar terdapat icon – icon perintah yang sering kita gunakan, misalnya untuk membuat file baru, membuka file, menyimpan, mencetak dan sebagainya.
  • Property Bar
Merupakan kumpulan perintah yang unik, karena tampilannya akan selalu berubah menyesuaikan dengan icon yang sedang aktif pada tool Box. Misalkan Kita sedang mengaktifkan Shape Tool maka secara otomatis akan muncul property dari shape tool itu sendiri, demikian juga dengan tool-tool yang lain.
  • Horizontal Ruler
Berfungsi untuk membantu kita dalam membuat desain dengan ukuran yang tepat. karena terdapat mistar horizontal dengan satuan ukuran yang dapat kita ubah sewaktu-waktu.
  • Printable Area
Merupakan area dimana project desain kita diletakkan untuk dicetak. Namun pada dasarnya untuk mendesain kita bisa luar printable area, namun ketika akan dicetak maka harus dimasukkan ke printable area tersebut.
  • Color Palette
Merupakan tool yang berguna untuk pemberian/pewarnaan untuk desain yang kita kerjakan.
  • Vertical Scrool Bar
Berfungsi untuk menggeser scrool bar ke atas dan kebawah untuk memperluas lembar kerja atau untuk melihat bagian tertentu dari gambar yang belum terlihat.
  • Vertical Ruler
Vertical ruler berfungsi untuk membuat garis bantu vertical.
  • Horizontal Scrool Bar
Berfungsi untuk mengggulung halaman secara horisontal. Kita dapat menggeser horizontal scrool bar untuk melihat bagian kanan atau bagian kiri lembar kerja yang belum terlihat.

  • Control page/Document navigator
Control Page/Document Navigator berfungsi untuk menambah atau mengurangi halaman serta berpindah dari halaman satu ke halaman lainnya.
  • Status Bar
Berfungsi untuk memberikan informasi tentang operasi yang sedang dilakukan, koordinat posisi mouse berada dan juga informasi tentang warna pada obyek yang sedang diaktifkan, baik warna fill maupun outline.
  • Tool Box
Merupakan sarana utama pada Corel Draw. Tool Box menyimpan berbagai perintah perintah untuk membuat objek dasar sebuah desain grafis, editing obyek, memberikan efek-efek interaktif dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar